Pengetahuan

Apa Perbedaan Antara Relasi dan Fungsi? Berikan Contohnya

31
×

Apa Perbedaan Antara Relasi dan Fungsi? Berikan Contohnya

Sebarkan artikel ini

Relasi dan fungsi adalah dua konsep yang berbeda, tetapi sering kali mereka dikaitkan dalam studi matematika, terutama dalam aljabar dan teori himpunan. Memahami perbedaan antara kedua konsep tersebut mencakup pemahaman tentang bagaimana setiap elemen dari satu himpunan berhubungan dengan elemen lainnya dalam himpunan yang berbeda.

Definisi Relasi

Relasi dalam Matematika didefinisikan sebagai hubungan antara dua himpunan. Jika kita memiliki dua himpunan, himpunan A dan himpunan B, relasi dari A ke B adalah suatu aturan yang menghubungkan setiap elemen di A ke B. Menggambar diagram panah atau menggunakan tabel dapat membantu dalam menggambarkan dan memahami relasi ini.

Sebagai contoh, marilah kita ambil dua himpunan yakni A = {1, 2, 3} dan B = {4, 5, 6}. Salah satu relasi dari A ke B bisa adalah menghubungkan setiap angka dalam A ke angka yang setara dalam B ditambah 3. Jadi, relasinya adalah (1, 4), (2, 5), dan (3, 6).

Definisi Fungsi

Fungsi adalah sejenis relasi khusus. Dalam fungsi, setiap elemen dalam himpunan awal (himpunan domain) harus terhubung dengan satu dan hanya satu elemen dalam himpunan akhir (himpunan kodomain). Jadi, suatu relasi dapat disebut fungsi jika tidak ada elemen di himpunan awal yang terhubung ke lebih dari satu elemen di himpunan akhir.

Sebagai contoh, jika kita memiliki himpunan A = {1, 2, 3} dan B = {4, 5, 6}, suatu fungsi bisa adalah menghubungkan setiap angka dalam A ke angka yang setara dalam B ditambah 3, sama seperti contoh relasi tadi. Fungsi ini bisa ditulis sebagai f(x) = x + 3, dengan A sebagai domain dan B sebagai kodomain. Setiap elemen di A memiliki satu elemen pasangan di B.

Namun, jika kita memiliki relasi seperti (1, 4), (2, 5), (2, 6), ini tidak dapat disebut fungsi. Di sini, elemen 2 dari A dihubungkan ke lebih dari satu elemen di B, yakni 5 dan 6, yang merupakan pelanggaran terhadap definisi fungsi.

Kesimpulan

Begitulah perbedaan antara relasi dan fungsi. Intinya, semua fungsi adalah relasi tetapi tidak semua relasi adalah fungsi. Untuk menjadi fungsi, setiap elemen dalam himpunan awal harus memiliki satu dan hanya satu pasangan dalam himpunan akhir. Ini adalah konsep dasar dalam matematika yang penting untuk dipahami baik bagi pelajar maupun peneliti matematika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *