Sekolah

PT. Logi Memiliki Obligasi dengan Nilai Nominal Sebesar Rp400 Jt dengan Jangka Waktu 5 Tahun dan Mempunyai Coupon Rate Sebesar 15% per Tahun. Pemodal Menginginkan Keuntungan Sebesar 20%, Berapakah Harga Obligasi Tersebut Pada Saat Ini?

1738
×

PT. Logi Memiliki Obligasi dengan Nilai Nominal Sebesar Rp400 Jt dengan Jangka Waktu 5 Tahun dan Mempunyai Coupon Rate Sebesar 15% per Tahun. Pemodal Menginginkan Keuntungan Sebesar 20%, Berapakah Harga Obligasi Tersebut Pada Saat Ini?

Sebarkan artikel ini

Hadir di tengah para investor, PT. Logi menawarkan suatu instrumen investasi berbentuk obligasi. Skema obligasi ini memiliki nilai nominal sebesar Rp400 juta dengan durasi atau jangka waktu mencapai 5 tahun. Selain itu, PT. Logi memberikan penawaran coupon rate atau bunga obligasi sebesar 15% per tahun.

Obligasi, sebagai salah satu jenis instrumen investasi, tentunya mampu memberikan hasil atau keuntungan bagi para pemodal atau investor. Dalam hal ini, para pemodal mengharapkan untuk memperoleh keuntungan sebesar 20% dari penanaman modal mereka pada obligasi yang ditawarkan oleh PT. Logi ini.

Dengan menggunakan konsep dasar dari harga obligasi yang didefinisikan sebagai nilai sekarang dari pembayaran bunga dan nilai par atau nilai nominal pada saat jatuh tempo, dapat kita hitung harga obligasi pada saat ini. Rumus untuk menghitung harga obligasi adalah dengan melakukan penjumlahan antara nilai sekarang dari pembayaran bunga dan nilai sekarang dari nilai nominal obligasi.

Berapakah harga obligasi PT. Logi pada saat ini?

Dalam perhitungan ini, kita akan menggunakan rumus sebagai berikut:

Harga Obligasi = (C * (1 - (1 + r)^-n) / r ) + (F / (1 + r)^n)

yang mana:

  • C adalah nilai kupon obligasi, yaitu nilai nominal obligasi dikalikan dengan coupon rate (Rp400jt * 15% = Rp60jt),
  • r adalah tingkat keuntungan yang diharapkan oleh pemodal, dalam hal ini adalah 20% atau 0.2,
  • F adalah nilai nominal obligasi yaitu Rp400jt,
  • dan n adalah jangka waktu obligasi, yaitu 5 tahun.

Setelah mengisi semua variabel ke dalam rumus, kita dapat menghitung harga obligasi pada saat ini. Selanjutnya, pemodal dapat mencari tahu apakah investasi ini sesuai dengan ekspektasi keuntungannya.

Pada dasarnya, cara menghitung harga obligasi menggunakan diskon arus kas masa depan yaitu pembayaran kupon dan pembayaran nilai par pada waktu jatuh tempo. Faktor yang membuat harga obligasi naik dan turun adalah perubahan tingkat suku bunga. Jika suku bunga pasar naik, maka harga obligasi akan turun dan sebaliknya.

Namun demikian, dalam prakteknya, sebaiknya pemodal memberikan pertimbangan yang matang terhadap kebijakan investasinya. Mengingat, setiap instrumen investasi tentunya menyimpan risiko. Oleh karena itu, pemodal perlu melakukan analisis dan kajian yang dalam terkait instrumen investasi ini.

Jadi, jawabannya apa? Melalui perhitungan di atas, pemodal dapat mengetahui estimasi harga obligasi PT. Logi yang ditawarkan saat ini dan mempertimbangkan apakah investasi tersebut memberikan prospek keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *