Buku

Jurnal Membangun Smart and Good Citizen di Era Digital Melalui Pendidikan Kewaraganegaraan

1673
×

Jurnal Membangun Smart and Good Citizen di Era Digital Melalui Pendidikan Kewaraganegaraan

Sebarkan artikel ini

Era digital telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam mempengaruhi karakter dan perilaku masyarakat. Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk membentuk smart and good citizen, yaitu warga negara yang cerdas dan baik, yang dapat beradaptasi dan berkembang dalam era digital ini. Ini dapat dicapai melalui pendidikan kewarganegaraan yang efektif.

Pentingnya Smart and Good Citizen

Warga negara yang cakap, baik secara intelektual maupun etis, adalah aset penting bagi setiap negara. Smart and good citizen adalah mereka yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan era digital, tetapi juga memiliki pemahaman yang kuat tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara serta memiliki moral dan etika yang tinggi.

Memanfaatkan Era Digital

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital memberikan banyak peluang baru, seperti akses yang lebih mudah ke pengetahuan dan informasi, serta kemudahan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Namun, era digital juga membawa tantangan dan masalah baru, seperti penyebaran berita palsu (fake news), tindakan cyberbullying, dan pelanggaran privasi.

Untuk dapat mengambil manfaat dan sekaligus menghadapi tantangan dari era digital ini, warga negara perlu ditangani secara cerdas dan beretika. Dalam konteks ini, pendidikan kewarganegaraan menjadi sangat penting.

Peran Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk membentuk warga negara yang berpengetahuan, berdedikasi, dan bermoral tinggi. Dalam konteks era digital, pendidikan kewarganegaraan berperan dalam membentuk warga negara yang cerdas dan baik, dengan fokus pada penguatan pengetahuan teknis, peningkatan keterampilan berpikir kritis, serta pembinaan sikap dan perilaku yang etis.

Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun smart and good citizen di era digital meliputi, antara lain, penguatan literasi digital, peningkatan pemahaman tentang hak dan kewajiban di dunia digital, serta penanaman nilai-nilai etika dan moral.

Kesimpulan

Membangun smart and good citizen di era digital adalah tugas yang kompleks dan menantang, tetapi sangat penting untuk masa depan negara. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu diberikan perhatian lebih dalam proses pembelajaran, dengan penekanan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk era digital, serta penanaman sikap dan perilaku yang etis. Dengan begitu, kita dapat mencapai tujuan membentuk warga negara yang cerdas dan baik.

Jadi, jawabannya apa? Membangun smart and good citizen di era digital melalui pendidikan kewarganegaraan adalah jawabannya untuk menghadapai perubahan dan tantangan di masa depan. Pendidikan kewarganegaraan menjadi fondasi yang penting dalam mempersiapkan warga negara yang cerdas, etis, dan siap menghadapi tantangan era digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *