Sosial

Hitunglah Skala Peta Jika Diketahui Jarak Desa A dengan M adalah 20 km Sedangkan Jarak Di Peta 4 cm

17
×

Hitunglah Skala Peta Jika Diketahui Jarak Desa A dengan M adalah 20 km Sedangkan Jarak Di Peta 4 cm

Sebarkan artikel ini

Peta merupakan perwakilan dua dimensi dari tiga dimensi dalam dunia nyata pada bidang datar. Pada peta, ada sebuah komponen penting yang berguna untuk mengukur sebuah jarak nyata dari dua tempat atau lebih yang disebut sebagai skala peta. Skala peta menjadi penting karena jika kita ingin mengetahui jarak antara satu tempat ke tempat lainnya, kita bisa memahaminya melalui perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya.

Untuk memperjelas hal tersebut, mari kita coba mengartikan ke dalam contoh. Misalnya kita mempunyai sebuah peta dan diketahui jarak antara Desa A dan M adalah 20 km. Sedangkan jarak kedua tempat tersebut di peta adalah 4 cm. Bagaimana cara menghitung skala peta dari informasi tersebut?

Memahami Skala Peta

Skala peta merupakan perbandingan jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya dalam satuan yang sama. Jadi, jika kita memiliki jarak 4 cm di peta yang mewakili 20 km di dunia nyata, kita bisa menghitung skala dengan menggunakan rumus berikut:

Skala = Jarak di dunia nyata / Jarak di peta

Proses Penghitungan Skala Peta

Menggunakan rumus yang telah disebutkan di atas, kita dapat mulai melakukan perhitungan:

Jarak di dunia nyata = 20 kmJarak di peta = 4 cm

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengubah satuan jarak dunia nyata dari kilometer menjadi centimeter. Kita tahu bahwa 1 kilometer sama dengan 100.000 centimeter, dengan demikian:

Jarak di dunia nyata = 20 km = 20 x 100.000 cm = 2.000.000 cm

Setelah itu, kita tinggal melakukan perhitungan dengan rumus tersebut:

Skala = Jarak di dunia nyata / Jarak di peta = 2.000.000 cm / 4 cm = 500.000

Jadi, skala peta untuk jarak Desa A dengan M adalah 1:500.000. Artinya, 1 cm di peta mewakili 500.000 cm atau 5 km di dunia nyata.

Kesimpulan

Dari contoh di atas, kita dapat melihat bagaimana kita bisa menghitung skala peta jika kita tahu jarak nyata dan jarak di peta. Skala ini sangat penting dalam membantu kita memahami dan memetakan jarak nyata dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan demikian, kita tidak perlu kebingungan lagi saat ingin mengetahui jarak antara dua tempat saat melihat peta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *