Budaya

Ketimpangan Ekonomi dan Sosial, Meningkatnya Ketergantungan, serta Permasalahan Lingkungan Hidup Berupa Polusi dan Kerusakan Lingkungan Hidup: Dampak dari Model Pembangunan di Era Globalisasi

100
×

Ketimpangan Ekonomi dan Sosial, Meningkatnya Ketergantungan, serta Permasalahan Lingkungan Hidup Berupa Polusi dan Kerusakan Lingkungan Hidup: Dampak dari Model Pembangunan di Era Globalisasi

Sebarkan artikel ini

Globalisasi telah membawa banyak perubahan yang signifikan di berbagai bidang, termasuk dalam pembangunan. Model pembangunan saat ini cenderung ditekankan pada pertumbuhan ekonomi yang pesat, peningkatan pertukaran barang dan jasa serta ekspansi pasar. Namun, di balik manfaat yang diterima, banyak pula dampak negatif yang dipicu oleh model pembangunan tersebut. Ketimpangan ekonomi dan sosial, meningkatnya ketergantungan, serta permasalahan lingkungan hidup berupa polusi dan kerusakan lingkungan hidup, merupakan beberapa dampak yang akan dibahas dalam artikel ini.

1. Ketimpangan Ekonomi dan Sosial

Pertumbuhan ekonomi yang pesat tidak menjamin distribusi pendapatan yang merata di masyarakat. Ketimpangan ekonomi di era globalisasi ini semakin meningkat, di mana pendapatan per kapita antar-negara dan dalam satu negara semakin jauh berbeda. Ketimpangan tersebut turut mempengaruhi ketimpangan di aspek sosial. Dimana akses pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kerja bagi sebagian besar masyarakat yang berada pada strata ekonomi rendah menjadi tidak sebanding dengan kelompok yang lebih mampu. Akibatnya, kesenjangan sosial pun semakin melebar.

2. Meningkatnya Ketergantungan

Dalam era globalisasi, negara-negara yang sedang berkembang kerap menjadi konsumen utama produk-produk dari negara maju. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kapasitas dan kompetitivitas dalam memproduksi barang dan jasa. Akibatnya, terdapat ketergantungan ekonomi yang semakin meningkat antara negara-negara berkembang dengan negara maju. Ketergantungan ini dapat menimbulkan dampak negatif seperti eksploitasi sumber daya alam oleh perusahaan asing, pemiskinan masyarakat lokal, serta kerentanan terhadap krisis ekonomi global.

3. Permasalahan Lingkungan Hidup Berupa Polusi dan Kerusakan Lingkungan Hidup

Pembangunan di era globalisasi juga telah memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan hidup. Polusi udara, air, dan tanah semakin meningkat seiring dengan kegiatan ekonomi yang tak terkendali. Proses industri yang tidak ramah lingkungan, konversi lahan yang tidak terukur, dan pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan, menjadi penyebab utama masalah lingkungan hidup ini. Akibatnya, kerusakan ekosistem, penurunan kualitas hidup, serta peningkatan emisi gas rumah kaca pun terjadi sebagai dampak dari kegiatan pembangunan yang tak bertanggung jawab.

Jadi, jawabannya apa? Kita perlu melakukan perubahan dalam pendekatan pembangunan yang lebih berkelanjutan, adil, dan inklusif. Pembangunan harus sejalan dengan kelestarian lingkungan dan menekan ketimpangan. Negara-negara harus bekerja sama untuk mengurangi ketergantungan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup dengan pemerataan pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kerja. Dengan demikian, dampak negatif dari model pembangunan di era globalisasi dapat diatasi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan adil bagi semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *