Market

Pada Bola Basket, Berputar Kesegala Arah dengan Bertumpu pada Salah Satu Kaki Dinamakan Pivot

15
×

Pada Bola Basket, Berputar Kesegala Arah dengan Bertumpu pada Salah Satu Kaki Dinamakan Pivot

Sebarkan artikel ini

Pivot adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang digunakan untuk mengelabui lawan, mengatur strategi serangan, dan menciptakan ruang bagi pemain untuk melepaskan tembakan atau melakukan passing bola. Seperti yang telah dirangkum, pivot adalah gerakan yang dilakukan oleh seorang pemain bola basket ketika mereka berputar kesegala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki. Kaki yang menjadi tumpuan disebut sebagai “kaki pivot”.

Teknik Melakukan Pivot yang Benar

Untuk dapat melakukan pivot dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Berdiri dengan posisi kuda-kuda. Pemain diharapkan berdiri dengan kedua kaki sejajar dengan bahu. Posisi ini akan membantu menjaga keseimbangan dan memudahkan perpindahan berat badan saat melakukan pivot.
  2. Menentukan kaki pivot. Pemain harus menentukan kaki mana yang akan dijadikan tumpuan, dan kaki tersebut harus tetap menempel di lantai selama gerakan pivot dilakukan. Pilihlah kaki yang lebih kuat dan stabil, umumnya kaki yang dominan.
  3. Memegang bola dengan kedua tangan. Saat melakukan pivot, pemain harus menjaga kendali atas bola. Pegang bola dengan erat menggunakan kedua tangan, dengan jari-jari menghadap ke atas.
  4. Memutar tubuh. Pemain akan mulai memutar tubuhnya ke arah yang diinginkan, sambil menjaga kaki pivot tetap menempel di lantai. Gunakan pinggang dan bahu untuk memulai putaran, dan jaga agar badan tetap tegak.
  5. Pandangan mata. Saat melakukan pivot, penting bagi pemain untuk selalu memperhatikan posisi rekan setim maupun lawan. Pandangan mata dapat membantu menentukan arah putaran yang paling efektif dan mengantisipasi gerakan lawan.
  6. Mengakhiri gerakan pivot. Untuk mengakhiri pivot, pemain cukup mengembalikan posisinya ke posisi semula, dengan menempatkan kaki yang tidak menjadi tumpuan kembali ke lantai.

Manfaat Pivot dalam Bola Basket

Pivot memberikan manfaat yang signifikan bagi permainan bola basket, di antaranya:

  1. Melindungi bola. Pivot akan membuat pemain cukup sulit untuk dijangkau oleh lawan, sehingga bola akan tetap aman dari upaya pencurian bola.
  2. Menciptakan ruang serangan. Pivot membuat pemain lebih mudah mengelabui lawan, sehingga rekan setim memiliki kesempatan untuk bergerak dan menciptakan ruang serangan.
  3. Mempersiapkan tembakan atau passing. Dengan pivot, pemain akan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan posisinya sehingga mereka bisa melepaskan tembakan atau passing dengan lebih efektif.

Secara keseluruhan, pivot adalah teknik yang perlu dikuasai oleh setiap pemain bola basket, baik untuk pemula maupun profesional. Selamat berlatih dan semoga berhasil menguasai teknik pivot pada permainan bola basket Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *