Budaya

Perubahan Sosial Budaya Meliputi Hal-Hal Berikut Kecuali

19
×

Perubahan Sosial Budaya Meliputi Hal-Hal Berikut Kecuali

Sebarkan artikel ini

Perubahan sosial budaya adalah fenomena yang berarti bahwa perubahan terjadi dalam pola-pola kehidupan masyarakat. Ada berbagai macam aspek dalam perubahan sosial budaya, diantaranya berikut ini:

  1. Perubahan Nilai dan Norma

    Nilai dan norma adalah komponen penting dalam budaya masyarakat. Nilai mewakili apa yang diterima dan dihargai oleh masyarakat, sedangkan norma menggambarkan bagaimana seharusnya individu bertindak di dalam masyarakat. Perubahan dalam nilai dan norma bisa terjadi seiring waktu karena pengaruh globalisasi, modernisasi, atau interaksi dengan budaya lain.

  2. Perubahan dalam Institusi Sosial

    Institusi sosial seperti keluarga, pendidikan, agama, dan pemerintahan juga bisa berubah. Misalnya, struktur keluarga tradisional bisa berubah dengan semakin banyaknya keluarga single parent atau gaya pensimpendidikan baru yang inovatif.

  3. Perubahan dalam Teknologi

    Teknologi adalah salah satu faktor utama yang mendorong perubahan sosial budaya. Dari penggunaan smartphone, internet, media sosial, hingga digitalisasi dalam berbagai sektor kehidupan, teknologi berperan penting dalam membuat perubahan di masyarakat.

Akan tetapi, ada hal yang tidak termasuk dalam perubahan sosial budaya, yaitu:

  • Perubahan Personal individu

    Perubahan personal adalah perubahan yang terjadi pada tingkat individu, misalnya perubahan sikap, pendapat, perasaan, penampilan, atau perilaku individu yang diakibatkan oleh pengalaman pribadi dan proses pribadi. Perubahan personal bisa berdampak pada masyarakat, tapi bukan merupakan bagian dari perubahan sosial budaya.

Perubahan sosial budaya adalah suatu proses yang kompleks dan multifaset. Penting untuk memahami apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam perubahan sosial budaya agar kita bisa memahami dan merespon perubahan sosial budaya dengan cara yang efektif dan tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *